WHO : 1/3 Penduduk Dunia Bisa Terinfeksi

swine flu FLU BABI – Lebih dari 2 miliar orang bisa terinfeksi virus penyakit influenza A(H1N1) atau flu babi. Infeksi bisa terjadi jika penyebaran virus yang tengah terjadi berubah menjadi pandemi dan berlangsung selama dua tahun. Demikian ungkap Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kamis 7 Mei 2009.

Salah seorang direktur WHO, Keiji Fukuda, mengatakan bahwa dalam catatan pandemi flu menunjukkan bahwa sepertiga dari penduduk dunia terinfeksi dalam penyebaran virus semacam itu. Para ahli independen setuju kalau hal itu mungkin terjadi, tetapi menegaskan bahwa banyak orang yang terinfeksi tidak akan menunjukkan gejala-gejala tertular.

"Jika berubah menjadi pandemi, maka kami perkirakan bahwa sejumlah besar orang di dunia akan terinfeksi," kata Fukuda. "Jika kita menengok kembali ke pandemi sebelumnya, maka merupakan prediksi yang masuk akal untuk mengatakan bahwa sepertiga dari populasi dunia akan terjangkit virus ini," terang Fukuda.

Dengan jumlah populasi total lebih dari 6 miliar, maka infeksi akan terjadi pada 2 miliar orang. Namun Fukuda menambahkan bahwa dunia telah berubah sejak pandemi terjadi dalam generasi sebelumnya, dan para ahli tidak bisa memprediksi apakah dampaknya akan semakin parah atau tidak.

Penyebaran ringan di negara maju bisa saja menjadi parah di negara berkembang, kata Fukuda. Orang juga bereaksi berbeda dalam menghadapi flu tergantung dari kondisi kesehatan dan faktor lain. Penduduk di suatu wilayah mungkin lebih rentan terkena karena asupan yang kurang bergizi, perang, infeksi HIV, dan faktor lain.

"Kami tidak tahu," ujar Fukuda. "Ini adalah acuan dari masa lalu. Tolong jangan menginterpretasikan ini sebagai prediksi untuk masa mendatang," kata Fukuda.

Chris Smith, pakar virologi (virus) di Universitas Cambridge, Inggris, mengatakan bahwa angka 2 miliar itu bisa saja terjadi.

Sejauh ini, virus flu babi telah menyebar ke 26 negara. Brazil dan Argentina kemarin menjadi negara kedua dan ketiga di Amerika Selatan yang mengumumkan kasus positif flu babi.

Sementara itu, kemarin, dua lagi kasus kematian dilaporkan di Meksiko, sehingga jumlah total korban tewas akibat flu babi sebanyak 44 orang. Sedangkan 1.160 orang sakit, naik sebanyak 90 orang dari jumlah korban yang diumumkan pada Rabu. (AP|VIVAnews|rd)

Iklan

One comment

  1. […] WHO : 1/3 Penduduk Dunia Bisa Terinfeksi […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: