Mulai 30 Mei Jalan Dago Bebas Kendaraan

seputar jalan dago BANDUNG – Jalan Dago sepanjang 800 meter, mulai dari Simpang Dago hingga Cikapayang, bebas sampah dan kendaraan bermotor selama empat jam. Pemberlakuan tersebut berlaku Mulai 30 Mei 2009, setiap hari Sabtu. Hal tersebut diintruksikan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan kepada 26 bupati dan wali kota untuk mengampanyekan lingkungan kota/kabupaten secara serentak.

Program Car-Free Day dan Economic Creative menyambut Hari Lingkungan Hidup 5 Juni itu disampaikan Kepala BLPHD Jabar Iwan Setiawan kepada Wali Kota Bandung Dada Rosada di Balai Kota, Kamis (7/5). "Bandung mendapat kehormatan karena akan dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Gubernur Jabar, serta 10.000 warga akan membersihkan sampah," ujar Iwan.

Dada menyambut baik program itu karena setiap Sabtu warga Bandung akan menikmati udara segar, minimal 800 meter di Jalan Ir H Juanda tanpa menghirup asap.
Menurut Dada, penutupan jalan untuk kendaraan bermotor rencananya dimulai pukul 07.00 hingga 11.00. Penghuni dan pemilik toko diminta pengertiannya untuk berjalan kaki atau lewat sebelum pukul 07.00 atau sesudah pukul 11.00.

Kawasan Dago dipilih sebagai pilot project kampanye lingkungan karena jalan ini cukup padat, apalagi di setiap akhir pekan.

Rencananya, ke depan setiap Sabtu selama empat jam warga bisa berjalan kaki, berolahraga, senam, futsal, bulutangkis, dan kegiatan lainnya.

Sepanjang Jalan Ir H Juanda, selain bebas sampah juga sepanjang jalan akan ditanami pohon-pohon dan pelepasan burung. Dengan demikian, masyarakat bisa menikmati udara segar di bawah pohon rindang dan mendengarkan kicau burung.

Menanggapi akan terjadi kemacetan di jalur alternatif, kata Dada, pihaknya akan berkoordinasi dengan polisi dan Dinas Perhubungan. "Masalah pengalihan jalur selama empat jam setiap Sabtu akan diatur polisi dan Dinas Perhubungan," ujarnya.

Dada juga menegaskan kembali Jalan Ir Juanda akan menjadi Singapura-nya Kota Bandung. Selain jalannya asri, udaranya sejuk dan utamanya bebas sampah. "Kawasan Dago sebelumnya sudah bebas reklame dan tahun ini bebas FO, bebas sampah, bebas polusi," kata Dada. (tsm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: