Calon Pelajar SMU di Test Urine

tes urine TEST URINE – Yang saya tahu, awal-awal kita masuk SMA dulu, sekitar tahun 90-an tidak ada yang namanya test urine bila ingin mendaftar sebagai siswa baru. Mungkin sekarang lain, makin tidak terkendalinya peredaran obat-obat terlarang bisa jadi penyebab timbulnya kekhawatiran baik orang tua maupun pihak sekolah.

Baru-baru ini para calon siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri yang mendaftar di Kota

Malang, Jawa Timur, wajib mengikuti tes urine. Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Kota Malang, M. Sofwan, Sabtu, program wajib tes urine bagi siswa baru di SMA dan SMK negeri tersebut sebagai upaya untuk mengendalikan penyebaran narkoba dilingkungan pelajar.

"Program ini sebagai realisasi surat dari Badan Narkotika Kota (BNK) Malang pada Diknas. Sebenarnya konsep dari BNK ini masih kami matangkan terutama masalah biaya tes," katanya. Ia mengakui, sampai sekarang masih belum ada penjelasan lebih detail mengenai pembiayaan tes, apakah ditanggung oleh calon siswa yang mendaftar, sekolah bersangkutan atau Pemkot Malang melalui Diknas setempat yang diambilkan dari dan Belanja Daerah (APBD) atau pos lain.

Untuk teknis tes urine, katanya, diserahkan sepenuhnya pada masing-masing sekolah dan jadwal pelaksanaan tesnya diserahkan pada BNK. Menurut dia, surat dari BNK Kota Malang yang diterima Diknas 11 Mei 2009 itu, diharapkan pada tahun pelajaran 2009/2010 ini, tes urine bagi calon siswa SMA dan SMK negeri bisa dilaksanakan.

Sofwan mengakui, setelah mendapat surat edaran dari BNK Kota Malang pihaknya  membuat edaran ke SMA dan SMK. Sesuai arahan BNK, katanya, jika ada siswa yang terdeteksi telah terkontaminasi narkoba harus diberikan pembinaan khusus sebagai upaya pencegahan dan penularan terhadap siswa lainnya.

"Kami masih memikirkan bagaimana penanganan calon siswa yang telah positif narkoba, apakah siswa ini tetap boleh masuk dengan pertimbangan prestasi akademiknya atau tidak diterima. Ini yang harus kita pikirkan lebih matang," katanya. (ant|rd)

go-home

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: