TMMK Stimulus Swadaya Masyarakat Mandiri Kota Bandung

Manohara, Dewi dan Daisy Fajarina

BANDUNG | RAKYAT DEMOKRASI – Kamis pagi (29/07) warga RW 04, kelurahan Sukapada, kecamatan Cibeunying Kidul, terlihat lebih sibuk dari hari biasanya. Tampak disana puluhan tentara berseragam tentara dab PNS sibuk membersihkan saluran air dari sampah-sampah plastik dan kertas. Yang lainnya mencabuti rumput yang tumbuh liar di pinggiran jalan. Sementara yang lainnya lagi tengah menggali lubang untuk menancapkan bendera dan umbul-umbul.

Sebelumnya spanduk jalan yang menuju lapangan upacara telah mereka bentangkan. Jelas terbaca pada spanduk tersebut tulisan “Selamat Datang Bapak Walikota Bandung dan Bapak Pangdam 111 Siliwangi di kelurahan Sukapada, Kecamatan Cibeunying Kidul, dalam acara TNI Manunggal Membangun Kelurahan (TMMK).

TMMK 3Kesibukan lainnya nampak di lapangan yang akan menjadi tempat upacara pembukaan TMMK. Ada yang membersihkan dan meratakan lapangan, mendirikan tenda untuk para undangan, serta mendirikan panggung bagi inspektur upacara.

TMMK 1

Menjelang senja datang rombongan kesenian yang telah ditunggu oleh Rahmat Dhuha, Lurah Sukapada, kecamatan Cibeunying Kidul. Lengser, pager ayu, para penari yang akan melakukan gladi resik. Kemeriahan dan keramain itu telah mengundang warga sekitar untuk hadir menonton acara gladi resik tersebut.

foto tmmk

Esok harinya, tanggal 30 Juli, lapangan upacara telah di penuhi oleh peserta upacara yang terdiri dari masyarakat, para staf dari beberapa kelurahan dan kecamatan, serta prajurit TNI Kodim 06/8/BS Bandung. Tak ketinggalan turut berbaris rapi siswa-siswi SMP YAS (Yayasan Atikan Sunda). Deretan kursi dibawah tenda juga telah dipenuhi para tamu undangan. Sementara ibu-ibu PKK diluar tempat upacara tengah menggelar bazar aneka jajanan yang diserbu ibu dan anak-anak.

Pembukaan Bhakti Siliwangi Pola Manunggal Satata Sariksa yang diwujudkan dalam TNI Manunggal Membangun Kelurahan(TMMK) ditandai dengan penyerahan peralatan kerja dari Inspektur Upacara H.Dada Rosada yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat (BKPPM) H.M.Askary Wiranatmaja kepada tokoh masyarakat, lurah dan prajurit TNI.

Seusai pembukaan dilanjutkan peninjauan lokasi yang menjadi sasaran pembangunan infrastruktur fisik berupa rehab rumah kumuh, rehab mesjid, perbaikan dan pengerasan jalan, pembangunan dan perbaikan MCK, normalisasi saluran air, penanam pohon lindung dan tanaman hias.

Dandim 06/8/BS Letkol(INF) Urip Wayudi mengungkapkan bahwa sekali pembangunan infrastruktur fisik juga akan dilaksanakan 16 kegiatan non fisik diantaranya pelayan kesehatan, keluarga berencana (KB) dan pemberian bibit lele dumbo.

Bhakti Siliwangi Pola Manunggal Satata Sariksa yang diwujudkan dalam TMMK di kelurahan Sukapada, kecamatan Cibeunying Kidul selama 14 hari ini yang berakhir pada tanggal 12 Agustus 2009 baru lalu. Kegiatan yang merupakan bentuk kepedulian jajaran TNI khususnya Kodim 06/8/BS ditutup oleh Kepala BKPPM Kota Bandung H.M.Askary Wiranartmaja.

Selama 14 hari kegiatan TMMk, swadaya masyarakat sebagai wujud apresiasi masyarakat, telah berhasil menyelesaikan 13 sarana fisik dengan baik. Berhasil menyerap swadaya murni masyarakat Rp.185.368.000,- selain dana yang bersumber dari APBD Kota Bandung Rp.330.274.793.-. Kecuali sumur jet pump yang masih dalam penyelesaian karena terkendala teknis.

Beberapa sasaran fisik juga mencapai over prestasi, diantaranya rehab rumah kumuh, rehab mesjid, dan penanaman pohon pelindung. Begitu pula sasaran non fisik pelayanan kesehatan, keluarga berencana (KB) dan pemberian bibit lele dumbo. ‘kata sekretaris kota Bandung, Edi Siswadi selaku ketua pokjanal TMMK dalam laporan tertulis yang dibacakan camat Cibeunyjng Kidul, Denny Sanny pada penutupan kegiatan TMMK Satata Sariksa di lapangan RW 04 kelurahan Sukapada, kecamatan Cibeunying Kidul Bandung.

Walikota Bandung H.Dada Rosada dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala BKPPM, menegaskan kemanggulan TNI dengan rakyat adalah modal sosial bagi kota Bandung untuk memantapkan perwujudkan Bandung Kota Jasa Bermartabat.

‘Bagaimanapun juga TMMK telah memberi pengalaman berharga, iklim kebersamaan menjadi penentu tingkat keberhasilan sebuah program. Kita tidak punya pilihan lain kecuali memperkokoh budaya silaturahmi dan semangat kegotongroyongan, ‘tandasnya.

Dada menambahkan pembangunan fisik dan non fisik TMMK diharapkan dapat meningkatkan aktivitas sosial ekonomi dan kesejahteraan warga setempat. Dalam kesempatan itu lurah Sukapada, kecamatan Cibeunying Kidul, Rahmat dhuha menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh warga yang telah membantu kelancaran kegiatan TMMK ini, khususnya kepada warga Rw 04 yang dengan keikhkasannya telah mengorbankan waktu moril dan materilnya. Rahmat berharap kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan oleh TMMK saja, tetapi harus terus berlanjut oleh segenap masyarakat baik secara swadaya maupun melalui program dari pemerintah.

‘Yang lebih penting dari itu, terbangunnya jalinan silaturahmi antara TNI dengan SKPD dan masyarakat yang harus terus dipertahankan dan ditingkatkan, harap Rahmat.

Sementara itu, tokoh masyarakat RW 04, Oman Rochman mengungkapkan rasa senang dengan adanya kegiatan TMMK ini, terutama atas kehadiran prajurit-prajurit TNI dari Koramil/Kodim 06/8. ‘Kami benar-benar merasakan kemanunggalan dengan tentara, dalam bekerja, bercanda, terutama saat ‘botram,(makan bersama) sambil lesehan. Biarpun makannya cuma sama sambal, ikan asin, dan lalab saja, tapi nikmatnya luar biasa! ‘kata Oman kepada Rakyat Demokrasi.

Kemanunggalan TNI nampak lebih membaur bersama lantunan lagu yang didendangkan penyanyi dangdut di panggung sana. Beberapa orang diantaranya nampak ikut berjoget. Sementara sang komandan Letkol Infantri Urip Wahyudi memandang dengan penuh rasa bangga atas keberhasilan anak buahya yang telah mampu membaur dan berinteraksi dengan masyarakat. (Bety/Ivan/Indri/RD)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: