Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Kel Sukapada

Rahmat Dhuha S.Pd, Lurah Sukapada

BANDUNG, RAKYAT DEMOKRASI – Masalah kemiskinan merupakan masalah yang sangat komplek oleh karenanya masalah kemiskinan harus diatasi secara komprehensip dalam arti harus melibatkan berbagai disiplin ilmu dan lintas sektoral, oleh karenanya harus diatasi bersama oleh pemerintah dan masyarakat.

Di tingkat masyarakat, masalah kemiskinan harus diatasi secara bersama‑sama segenap elemen masyarakat yang tergolong miskin. Pelibatan masyarakat dalam mengatasi kemiskinan agar memposisikan masyarakat miskin sebagai subjek didasarkan kepada asumsi, bahwa mereka sekalipun keadaan tidak berdaya tetapi masih memiliki potensi untuk memberdayakan dirinya sendiri.

Kegiatan usaha merupakan salah satu langkah efektif dalam mengatasi masalah kemiskinan, karena melalui kegiatan usaha ini masyarakat akan mempunyai kesempatan untuk meningkatkan pendapatannya.

Hal tersebut terungkap dalam pelatihan dalam pemberdayaan kelompok usaha masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan di Jawa Barat, yang diikuti oleh 210 orang peserta dari 20 Kabupaten/ Kota di Jawa Barat, yang dibagi tiga gelombang.

Gelombang pertama yang dimulai dari tanggal 24 sampai 27 Agustus 2009, bertempat di Hotel Bumi Asih, Jalan Soekarno Hatta no. 452. Kota Bandung diwakiii oleh 10 orang peserta pelatihan dari Kelurahan Sukapada, Kecamatan Cibeunying Kidul.

Lurah Sukapada, Rahmat Dhuha S.Pd. yang juga sebagai peserta pelatihan bersama Kaur Ekbang, ketua LPM, TP PKK, Pengurus Kelompok Usaha Masyarakat (PKUM), dan ketua BPD yang diikut sertakan dalam pelatihan tersebut adalah merupakan salah satu kelurahan yang akan mendapatkan bantuan bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Karena Kelurahan Sukapada dalam hal pengelolaan Usaha Berbasis Kelompok (UBK) bisa berkembang dengan baik dan dianggap berhasil. “Bantuan modal awal yang diberikan Pemerintah Kota Bandung sebesar Rp 9 juta, sekarang sudah meningkat menjadi 30 juta lebih,” ungkap Rahmat

Atas dasar itu, Pernerintah Propinsi Jawa Barat memilih Kelurahan Sukapada layak mendapatkan bantuan kembali untuk digunakan pada RW lainnya, setelah RW yang sebelumnya dianggap berhasil. Besar bantuan yang akan diberikan propinsi direncanakan sebesar 50 juta rupiah untuk tiga kelompok usaha, diantaranya simpan pinjam dan usaha sembako.

Gelombang III pemberdayaan masyarakat miskin Usaha Berbasis Kelompok (UBK) dan kelembagaan masyarakat dalam kerniskinan tahun 2009 berakhir tanggal 10 September 2009. (ivan/RD))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: