Gempa 5,5 SR Guncang Sukabumi

gempa bumi di Sukabumi

SUKABUMI | RAKYAT DEMOKRASI (RD) – Senin, 28 September 2009, gempa bumi terjadi lagi di Jawa Barat, kali ini gempa mengguncang wilayah Sukabumi. Gempa di Sukabumi memang tidak sehebat gempa awal September di Tasikmalaya, tapi cukup membuat warga kota dan Kabupaten Sukabumi berhamburan ke luar rumah. Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyebutkan, gempa yang cukup besar itu terjadi pada Senin pagi sekitar pukul 07.26 WIB di lokasi 8.17 LS-107.23 BT (143 km Tenggara Sukabumi-Jabar) dengan kedalaman 10 Kilometer dengan kekuatan 5,5 skala richter (SR).

Salah seorang warga Kelurahan Karang Tengah Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Hesti (26), mengaku dirinya langsung lari keluar rumah setelah gempa mengguncang Sukabumi.

"Saat itu saya sedang memasak dan ketika gempa terjadi saya langsung keluar rumah. Saya khawatir gempa tersebut dapat merubuhkan rumah saya," katanya. Tidak hanya dirinya yang keluar rumah tetapi saudaranya dan para tetangganya juga berhamburan keluar rumah. "Saya dan suami saya baru masuk ke rumah setelah gempa tidak terasa lagi," katanya seraya mengatakan gempa hanya terasa beberapa detik saja.

Hal senada juga dikatakan warga lainnya, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, M Akasah, bahwa dirinya sangat merasakan gempa yang terjadi sebanyak dua kali itu.

"Getarannya cukup terasa, tapi tidak separah gempa yang terjadi pada Rabu (2/9) lalu," katanya. Ia mengaku, gempa yang terjadi sebanyak dua kali dengan waktu 10 hingga 15 detik itu membuat dirinya dan keluarganya yang lain berhamburan keluar rumah. "Meski guncangannya tidak sebesar gampa yang lalu, namun saya tetap khawatir guncangan gempa dapat merusak rumah," ucapnya.

Sementara itu, Camat Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Yana Mulyana, mengaku getaran gempa cukup terasa, tetapi tidak ada kerusakan rumah. "Getaran gempa memang terasa tapi tidak terjadi kerusakan rumah seperti gempa yang terjadi pada awal September 2009," katanya seraya menambahkan pada gempa yang lalu sedikitnya 500 rumah warga rusak berat dan ringan.(ant/RD)

One comment

  1. […] – Indonesia menangis lagi… setelah Gempa di Tasikmalaya, di Yogya, kemudian menyusul gempa di Sukabumi 5,5 skala richter, kini… gempa terjadi lagi di wilayah Sumatera Barat (Sumbar). Kali ini […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: