Gempa di SumBar, Indonesia Menangis Lagi

gempa Sumatera Barat_08 gempa Sumatera Barat gempa Sumatera Barat gempa Sumatera Barat gempa Sumatera Barat gempa Sumatera Barat gempa Sumatera Baratgempa Sumatera Barat_07

GEMPA SUMATERA BARAT | RAKYAT DEMOKRASI – Indonesia menangis lagi… setelah Gempa di Tasikmalaya, di Yogya, kemudian menyusul gempa di Sukabumi 5,5 skala richter, kini… gempa terjadi lagi di wilayah Sumatera Barat (Sumbar). Kali ini gempa di Sumatera Barat berkekuatan 7,6 skala richter (SR). Gempa berkekuatan besar terjadi di kedalaman 71 kilometer. Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa 7,6 SR itu terjadi pada pukul 17.16.09 WIB, Rabu (30/9). Gempa terjadi di lokasi 0.84 lintang selatan dan 99.65 bujur timur. Pusat gempa berada di arah 57 kilometer barat daya Pariaman, Sumatra Barat.

Gempa Terasa sampai ke Riau

Goncangan gempa yang berpusat di Laut Pariaman Sumatera Barat, Rabu, terasa hingga ke sejumlah wilayah di Provinsi Riau. Berdasarkan informasi yang terhimpun (ant), goncangan gempa di Riau terjadi di Kota Pekanbaru, Dumai, Siak dan Indragiri Hilir.

Gempa Sumbar menimbulkan kepanikan yang luar biasa di sejumlah wilayah seperti yang terjadi di kantor Gubernur Riau. Rusli Zainal, Gubernur Riau dan wakilnya, Mambang Mit sampai berlarian menuju halaman depan. "Belum pernah Pekanbaru diguncang gempa sekencang ini. Warga diharapkan tetap tenang dan bersiaga apabila ada gempa susulan," kata Wakil Gubernur Mambang Mit.

Kepanikan serupa terlihat di pusat perbelanjaan dan mal di Pekanbaru. Ratusan orang yang berada di Mal SKA Pekanbaru terlihat histeris dan berebutan keluar pusat perbelanjaan. Sementara di RSUD Dumai dan RS Pertamina sejumlah pasien terlihat berhamburan sambil membawa infus yang masih menempel di badan mereka, hingga ada pasien yang terlihat keluar ruangan menggunakan kursi roda.

Meski begitu, goncangan gempa yang mencapai Riau tidak sekuat seperti di Sumatera Barat. Gempa terjadi pada sekitar pukul 17.16 WIB. Koordinat episentrum yakni 0,84 Lintang Selatan 99,65 Bujur Timur. Selain mengguncang sebagian wilayah Riau, gempa juga terasa hingga Mentawai dan Banda Aceh.

Gempa Terasa sampai ke Lampung

Getaran gempa berkekuatan 7,2 skala Richter (SR) yang mengguncang Sumatera Barat juga dirasakan masyarakat di Kabupaten Lampung Barat. Penduduk di kota Liwa Lampung Barat banyak yang berhamburan keluar rumah, karena getaran gempa dirasakan cukup kuat. "Kami semua panik, karena getaran gempa cukup kuat yang membuat perabotan rumah kami bergetar," kata salah satu warga kota Kecamatan Balik Bukit Liwa.

Gempa Putuskan Jaringan Kabel

Gempa berkekuatan 7,6 SR membuat jaringan telepon kabel terputus, "Benar hubungan telepon kabel mengalami gangguan atau terputus sehingga hubungan ke telepon rumah atau kantor tidak bisa. Tapi bagi pengguna Flexi, hubungan masih cukup bagus," kata Humas Telkom Padang, Diche Yunyana, Rabu malam. Humas Telkom Medan, Syaiful Hadi membenarkan adanya laporan bahwa terjadi kerusakan pada kantor dan jaringan telepon rumah di Padang Sumbar.

Diperkirakan 200 Orang Meninggal Dunia

Korban tewas akibat gempa 7,6 SR di Sumatera Barat pada Rabu, 30 September 2009 pukul 17.16 WIB diperkirakan mencapai 200 orang. "Itu laporan dari Satkorlak Provinsi Sumatera Barat," kata juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Priyadi Kardono, seperti dilansir VIVAnews.com.

Sebelumnya, malam tadi Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut korban tewas mencapai 75 orang. Priyadi menegaskan, laporan angka 200 orang tewas itu masih terus akan berubah. "Laporan korban luka belum ada datanya. Kami semua masih menunggu," ujar dia.

Pagi ini, enam menteri yaitu Menkokesra Aburizal Bakrie, Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal, Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah, dan Menteri Dalam Negeri Mardiyanto akan langsung menuju lokasi gempa di Padang.

Korban Gempa Mencapai 807 orang

Jumlah korban tewas yang telah ditemukan akibat gempa 7,6 di Sumatra Barat (Sumbar) terus bertambah hingga Sabtu siang jam 13.00 Wib telah mencapai sebanyak 807 orang yang meninggal dunia.

Korban tewas terbanyak yang telah terdata di temukan yakni Kabupaten Padang Pariaman 359 orang dan disusul Kota Padang mencapai 314 orang dan demikian data Sarkorlat Penanggulangan Bencana Sumbar di Padang, Sabtu siang pukul 13.00 Wib

Berikut rincian korban dan kerusakan yang telah terdata ;

  • Korban tewas : 807 orang
  • Korban luka berat : 891 orang
  • Korban luka ringan : 1.365 orang
  • Warga hilang : 241 orang
  • Rumah rusak berat : 135.100 unit
  • Rumah rusak sedang : 62.772 unit
  • Rumah rusak ringan : 66.585 unit

Korban tewas yang telah terdata dengan rincian ;

  • Kota Padang : 314 korban tewas
  • Kabupaten Padang Pariaman : 359 korban tewas
  • Kota Pariaman : 37 korban tewas
  • Kabupaten Pesisir Selatan : 11 korban tewas
  • Kota Solok : 4 korban tewas
  • Kabupaten Agam : 80 korban tewas
  • Kabupaten Pasaman Barat : 3 korban tewas.

Korban Gempa Mencapai 1.115 orang (update)

(13/10/09) – Data terakhir yang dikeluarkan Satuan Koordinasi Pelaksanaan Penanggulangan Bencana Sumatera Barat, mencatat jumlah korban meninggal akibat gempa 7,6 Skala Richter, mencapai 1.115 jiwa.

Jumlah korban hilang yang sebelumnya tercatat sebanyak 237 di Kabupaten Padang Pariaman dinyatakan Gubernur Gamawan Fauzi sebagai korban meninggal. Menurut data yang dilansir Satkorlak PB Sumbar hingga pukul 20.00 WIB, jumlah korban meninggal terbanyak berada di Kabupaten Padang Pariaman yakni 675 jiwa. Di Padang, gempa menyebabkan 313 orang meninggal dunia.

Di Kab. Agam tercatat 80 orang meninggal; Kota Pariaman, 32 meninggal; Kab. Pesisir Selatan, 9 meninggal; Kota Solok, 3 meninggal; dan Kabupaten Pasaman Barat, 3 meninggal. Jumlah korban luka berat mencapai 1.214 orang dan korban terbesar berada di Padang Pariaman dengan 627 orang. Sedangkan jumlah korban yang mengalami luka ringan mencapai 1.688.

Gempa mengakibatkan 135.299 unit rumah warga mengalami rusak berat; 65.306 rusak sedang; dan 78.591 rusak ringan. Jumlah kerugian ditaksir mencapai Rp 2,1 Triliun.

(dbs/ant/RD)

gempa di Sumatera Barat

:: Ramalan Tentang Gempa ::

5 komentar

  1. saat ini sudah 467 yg meninggal ….

    silahkan ke blog saya richocean ttg “2009 3009 ANGKA Gempa PADANG PARIAMAN. 2009 1010 ANGKA Gempa Tsunami ACEH?” dan “2009 0110 Pagi ini Gempa Bengkulu dan Jambi Menyusul Gempa Padang” dan “Selama 17 jam, 3x Gempa PADANG Sumatra Barat”

    atau blog saya lainnya
    http:// rich mountain. wordpress.com

    salam😆

    1. makasih infonya mas…

  2. kami di malaysia bersimpati akan kejadian disana, semoga indoneisa cepat pulih. ALLAHUAKBAR!!!

  3. […] hanya pantas didengar dan dilihat orang dewasa. Di tengah suasana kepedihan rakyat Indonesia akibat gempa di Sumatera Barat, apakah pantas mendatangkan Miyabi hanya sekedar memenuhi hasrat dan nafsu dunia hiburan semata. […]

  4. kawan kawan sabayo,sado yang tajadi mungkin tuhan tu mauji awak,jan lupo ingek taruih samo tuhan.tetap optimis dam maju kedepas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: