KTP Gratis di Bandung Tunggu Perwal

Kartu Tanda Penduduk

BANDUNG | RAKYAT DEMOKRASI – Program KTP gratis untuk warga Bandung, kemungkinan bisa terealisasi tahun 2010 mendatang. Sekretaris Dinas Pendudukan Kota Bandung Johny Sulendjah Hidayat mengatakan, perda retribusi tentang KTP gratis sudah ada, namun belum bisa direalisasikan karena masih menunggu perwal (Peraturan Walikota).

Saat ini draft KTP gratis tersebut sedang diproses di bagian hukum Pemkot Bandung. Menurutnya pemberlakuan KPT gratis tersebut berdasarkan Perda (Peraturan Daerah) Administrasi kependudukan No 7 tahun 2008 dan Perda Retribusi Administrasi Kependudukan No 29 tahun 2009.

"Dua perda tersebut harus diikuti dengan perwal, jadi kita harus menunggu hingga perwalnya disahkan," ujar Johny kepada wartawan di ruang kerjanya, Jalan Ambon, Selasa (29/9/2009). Draft tersebut sudah diberikan bagian hukum pemkot sejak bulan Juni lalu. Diharapkan akhir tahun ini perwal tersebut sudah keluar, tambahnya. "Draft tentang kependudukan kan tidak mudah, tapi kita harapkan bisa keluar perwal sebelum tahun depan," ungkapnya pula.

Lebih lanjut Johny menuturkan, draft yang diberikan ke bagian Hukum Pemkot Bandung itu isinya membahas sanksi dan konsultasi mengenai keuangan dengan bagian keuangan. Didalam perda tersebut disebutkan tidak ada pengecualian tarif untuk KTP, KK, Akte Kelahiran, dan Akte kematian, semua gratis. Namun dengan syarat pembuatannya tepat waktu dan sesuai prosedur yang benar.

"Jadi sekarang tidak boleh ada KTP tembak, semua gratis asal sesuai prosedur," tegas Johny.(dbs/RD)

Iklan

2 komentar

  1. apa kabar?
    wow bwrita tentang pelayanan yang bagus
    semoga lancar niatan pemerintah ini

    1. hmmm… alhamdulillah, baik kang.
      Iya mudah-mudahan niatan ini baik dan bukan sekedar angin sorga…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: