Gempa 5,1 SR Guncang Selatan Jawa Barat

Senin, 12 Oktober 2009 pukul 09:56:55 WIB gempa kembali mengguncang bagian selatan Jawa Barat. Gempa dengan kekuatan 5,1 skala richter itu terasa di Tasikmalaya, Cilacap, Pangalengan, Bandung dan Cianjur. Gempa berada pada 8,24 lintang selatan hingga 107,39 bujur timur dengan kedalaman 30 kilometer, berlokasi sekitar 136 kilometer barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat, demikian prakirawan Stasiun Meteorologi Cilacap, Teguh Wardoyo.

Gempa yang terjadi sekira pukul 09.56 hampit tidak dirasakan warga Bandung. Namun, ada beberapa mahasiswa di sejumlah kampus di Bandung, berhamburan ke luar ketika gempa itu terjadi. Beberapa warga sempat kaget dan ketakutan ketika merasakan gempa yang berlangsung sekitar dua detik pukul 09.56.

Berdasar pemantauan di kota Bandung, gempa dirasakan warga di daerah Ledeng, dan wilayah Bandung Utara lainnya. ”Kami langsung meninggalkan kelas saat gempa terjadi. Kami trauma atas gempa yang terjadi sebelumnya,” komentar sejumlah mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Gempa kekuatan 5,1 SR membuat kalangkabut  warga di daerah Pangelengan, Kabupaten Bandung. Dikabarkan, mereka kompak menyelamtkan diri dan kabur dari tenda penampungan. Meski berhamburannya warga hanya berlangsung beberapa menit saja, ternyata membuat warga panik. Mereka mengaku trauma khawatir terjadi gempa besar seperti sebulan lalu.

Di Tasikmalaya yang jadi pusat gempa, warga sangat khawatir. Apalagi mereka masih trauma pada saat terjadi gempa beberapa waktu lalu.

Sementara itu seorang warga Tambakreja Cilacap, Slamet Riyadi (28) mengaku, merasakan badannya terguncang. Dia juga melihat lampu di rumahnya bergoyang akibat guncangan gempa. "Memang sih, guncangannya tidak sekuat guncangan gempa yang terjadi pada 2 September lalu. Namun saya merasa pusing akibat guncangan tersebut," katanya. (dbs/ant/RD)

Iklan

4 komentar

  1. untungnya nggak kerasa di Bandung.
    Pengalengan di bawah Bandung, lebih deket ke episentrum gempa.

    silahkan berkunjung ke blog saya Richocean tentang Dini 9 Okt 2009 Lagi Sukabumi Tasikmalaya Gempa 5.2SR

    atau blog saya lainnya Richmountain

    salam …

  2. huggies4u · · Balas

    lagi? astaghfirullah…
    huft…-waspada-waspada-

  3. Tidak perlu disesali semua yang terjadi, yang bisa kita lakukan adalah menolong para saudara kita yang saat ini telah di timpa musibah. Mungkin saja kita saat ini atau esok bisa mengalami hal yang sama yang di alami oleh saudara-saudara kita.

  4. ku dengar presiden SBY besok akan ke kota garut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: