1 Juta Jiwa Sarjana Nganggur

RAKYAT DEMOKRASI – Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Prof.Dr.Ir. Ganjar Kurnia, angka pengangguran terbuka di Indonesia masih mencapai 9,39 juta jiwa  atau 8,39 persen dari total angkatan kerja. Dari jumlah tersebut, 12,59% diantaranya atau sekitar 1 juta jiwa adalah pengangguran dengan gelar sarjana.

“Memang banyak sarjana yang menganggur, namun pertanyaaannya,apakah benar para  lulusan harus diterima di lapangan kerja yang ketersediaannya terbatas?” Kata Rektor Unpad, Ganjar Kurnia,pada saat  menyampaikan pidatonya dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Padjadjaran Wisuda Gelombang I Tahun Akademik 2009/2010, di Gedung Graha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jln. Dipati Ukur Bandung  belum lama ini.

Dikatakannya oleh Ganjar, dalam Undang-Undang Nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, tidak ada satu katapun yang menyebutkan tujuan pendidikan adalah untuk memperoleh pekerjaan.

“Tidak bermaksud lepas tangan dari dunia ketenagakerjaan, namun di dalam Bab II Pasal 3 disebutkan, bahwa tujuan pendidikan adalah untuk mencerdaskan, sehingga dengan kecerdasannya bisa berkontribusi bagi kesejahteraan dirinya, juga bagi bangsa. Jadi tujuan pendidikan adalah menghasilkan orang yang cakap, kreatif, dan mandiri, bukan orang-orang yang tergantung,” katanya.

Oleh karena itu, kata Ganjar, untuk menghasilkan orang-orang kreatif dan mandiri, kurikulum harus diarahkan pada kemampuan menggabungkan berbagai ide menjadi satu gagasan kreatif dan produktif. “Untuk itu, di beberapa fakultas Unpad sudah mulai diberlakukan proses belajar-mengajar  yang berbasis pada pemecahan masalah atau problem based learning,” tambahnya. (ersum/rd/gs)

Iklan

One comment

  1. wah blognya keren ya, berkunjung ke blog sekeren ini bisa membuat barajakom
    ikutan keren, aku numpang keren ya sob, makasi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: