Pelantikan Pengurus Forum RW Kota Bandung 2010-2014

gedung sate-Bandung, Jawa Barat

BANDUNG | RAKYAT DEMOKRASI – Keberadaan Forum Silaturahmi Rukun Warga (RW) terutama di tingkat kota, benar-benar  diharapkan mampu berperan sebagai komunikator, mediator, dinamisator dan fasilitator dalam bersinergi dengan pemerintah daerah. Keberadaannya harus benar-benar dirasakan dan memberikan kontribusi berarti bagi kiprah kerja RW di tingkat bawah.

"Kami para ketua RW belum merasakan adanya kegiatan forum. Untuk itu kepada pengurus baru, diharapkan amanah dan bekerja termasuk memperjuangkan dana opreasional RW di APBD," ungkap Sutrisna dari Forum RW Kecamatan Ujungberung pada kesempatan dialog dengan Wali Kota Bandung H. Dada Rosada dalam acara pelantikan Badan Pengurus Forum Silaturahmu RW Kota bandung masa bakti 2010-2014, di Pendopo rumah dinas wali kota Jalan Dalem Kaum Bandung, Kamis (07/01/10). Disaksikan Ketua DPRD Erwan Setiawan, Wakil Wali Kota Bandung, Ayi Vinanda dan Ketua Forum RW Propinsi jabar, Tjetje Subrata.

Hal senada juga disampaikan Yana Suyana dari Forum RW Kecamatan Kiaracondong, banyak rekannya sesama ketua RW masih mempertanyakan payung hukum, mekanisme pembentukan, fungsi, peran dan program Forum RW. "Ini perlu disosialisasikan,".

Dalam kesempatan ini, Forum RW Kota melalui sekteratis umumnya, Yana Tarya Hendayana menyampaikan sejumlah aspirasi, diantaranya agar Pemkot secepatnya menuntaskan Raperda tentang pembentukan RT dan RW, mengalokasikan dana di APBD untuk menunjang kegiatan, pembinaan administrasi dan kemasyarakatan, serta mengusulkan agar hasil musrenbang kecamatan dan kelurahan diupayakan seluruhnya diakomodir.

Menyikapai aspirasi terutama terkait dukungan APBD dan penuntasan Raperda RT dan RW, Ketua DPRD Kota Bandung, Erwan Setiawan menyatakan, institusinya akan secepatnya menyelesaikan Raperda RT/RW yang kini sedang dalam pembahasan panitia legislasi. "Untuk memaksimalkan kinerja RT dan RW, kami DPRD akan berupaya adanya pengalokasian anggaran di APBD," ujarnya.

Wali Kota Bandung, H. Dada Rosada menyatakan, RW. merupakan organisasi atau lembaga kemasyarakatan swadaya yang diakui dan langsung dibina pemerintah. Kesempatan memperoleh dukungan penganggaran di APBD sangat memungkinkan dibanding ormas lainnya. Peran dan fungsi RW/RT mencerminkan dukungan masyarakat terhadap tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

RT. dan RW. imbuhnya, juga melaksanakan fungsi-fugnsi perencanaan, pelaksanaan pembangunan berbasis aspirasi, swadaya murni dan kegotongroyongan.  Dirinya bersyukur dan apresiatif dengan pembentukan Forum RW. Menurutnya forum ini berperan penting dalam menyerap dan mendistribusikan informasi, menyatukan karakteristik sosial dan sumber sumber daya ekonomi masyarakat. "Sangat ideal jika forum ini mampu membaca dinamika lingkungan, mampu membaca situasi subtansi kebutuhan anggota dan masyarakat,".

Dada juga mengakui, keberadaan RW dan RT terutama dalam penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, Pemkot Bandung sangat terbantu. Sebagai timbal baliknya, Dada merencanakan, selain yang telah diberikan di tahun-tahun sebelumnya, yaitu hibah Rp 500 ribu untuk RT. dan Rp 700 ribu untk RW, mengupayakan adanya dukungan anggaran untuk operasional Ketua RW dan RT.

Badan pengurus Forum Silturahmi RW yang dilantik, Tato Sutamto (ketua), H  Dede Amar (Ketua I), H. Udju Surja (Ketua II),  H Yana Tarya Hendayana (Sekum), Kendo Sukanda (Sekr I), Rudi (Sekr II), Reik Muhamad (Bendahara Umum), Rudi Pakih (Bend I), Dedi Setiadi Atmadijaya (Bend II), Didi Suhadin (Bid Organisasi dan Kelembagaan), Didi Sutardi (Hukum dan HAM), Dimyat Mardjuki (Pengembangan SDM), Deni Binarto(Informasi dan Komunikasi), Nandi Supriadi (Lingkungan Hidup), Deden Tendi Surya (Pengabdian Masyarakat), H Adi Yunus (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat), Sigit Iskandar (Olah Raga dan Seni Budaya), H Hamdani (Umum dan Kesekratriatan). (bago/RD)

About these ads

4 komentar

  1. kahatur : bp ketua forum rw kota bandung beserta staff,
    bolehkah saya sebagai ketua RW o3 binong kidul kel.kebon kengkung kec.kiaracondong, ingin aktif dan turut serta sebagai anggota pengurus forum rw kota bandung, karena ingin sekali menambah wawasan tentang organisasi forum RW di kota bandung.
    adapun keaktifan saya adalah di bidang seni, karena saya sebagai pelaku seni, pekerja seni terutama seni pertunjukan.
    demikianlah permohonan ini saya sampaikan, sebelumnya saya ucapkan terima kasih,dan mohon maaf atas kelancangan.

  2. nah… bagi yg merasa ketua forum rw kota bandung, silakan untuk menanggapi… :)

  3. saya sekretaris forum rw kecamatan cicendo,akan menyikapi masalah pembentukan forum rw tingkat kecamatan dalam ad/art yang baru apakah benar masa bakti forum rw adalah lima tahun, sedangkan masa bakti RW adalah tiga tahun mohon tanggapan……! dan untuk pelaksanaan pembentukan baik frw kec. maupun frw kel. melalui mekanisme muscam & muslur seperti yang tercantum dalam panduan tata cara pembentukannya adalah sesuatu yang sulit bahkan mustahil dilaksanakan bila mengacu pada aturan pedoman tersebut krn mekanismenya lelaui pembentukan komisi-komisi, sidang paripurna dlsb, yang memerlukan waktu lebih dari satu hari ….mang dana na timana kang…….!

  4. kang Tato atanapi kang yang atanapi kang dedi suhading, punten pang lebetkeun logo forum rw teh abdi priyogi kangge kop surat forum rw, abdi bade nga download…..ayena… abdi bade ngadamel surat undangan pembentukan forum rw di kecamatan cicendo anu insya allah bade dilaksanakeun kaping 28 februari 2012 ngawitan tabuh 11.00 dinten salasa……diantos kasumpinganana ti forum rw kota ===Bambang Setiawan Dwiputranto SE.Ak. ==== Ketua RW. 08 Kel. Pasirkaliki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: