Taman Makam Pahlawan Memprihatinkan

Taman Makam Pahlawan Cikutra

BANDUNG | RAKYAT DEMOKRASI – Taman Makam Pahlawan Cikutra Kota Bandung, saat ini keadaannya sangat memprihatinkan. Wilayah yang menjadi tempat istirahat terakhir para pahlawan itu, keadaan menjadi kumuh atau tidak resik seperti sebelumnya. Ketidak-resikan ini, akibat banyaknya pedagang yang memenuhi wajah Taman tempat beristirahatnya para pahlawan nasional yang berasal dari berbagai daerah di Tanah Air ini.

Selain banyaknya pedagang dengan jongko-jongkonya yang membuat keindahan menjadi rumeuk, juga sepertinya taman pahlawan tersebut bukan tempat peristirahatan terakhirnya. Halaman menjadi rusak, padahal sebelumnya ditumbuhi dengan pohon-pohon yang berbunga indah, serta pagar yang cukup kokoh.

Kesemrawutan taman pahlawan ini, ditambah lagi dengan hilir-mudiknya kendaraan umumnya sering ngetem di wilayah tersebut, membuat halaman taman tidak asri lagi. Tentu saja ini, akan membuat macetnya di oersimpangan jalan tersebut, karena selain para pedagang yang memadati tempat tersebut, juga berseliwerannya kendaraan  umum atau pribadi.

Warga terdekat dengan areal taman makam pahlawan secara tandas mengatakan, bahwa rusaknya halaman taman pahlawan ini, karena banyaknya pedagang yang tidak tahu dari mana asalnya. Kesemrawutan kendaraan, karena banyaknya kendaraan umum yang menggunakan jalur jalan Cikutra yang sempit, sementara berbagai kendaraan yang melalui jalan tersebut semakin banyak.

Yang yang menjadi keheranannya lagi, taman makam pahlawan yang semula asri, kini menjadi tempat bermain para remaja sambil melepaskan rasa rindunya. Mereka para remaja yang umumnya masih pelajar di SLTP dan SLTA, pulang sekolah bukannya pulang ke rumahnya masing-masing taspi malah berpacaran di tempat itu.
Warga setempat juga berharap, agar pihak pemerintah segera melakukan peninjauan dan bertindak tegas terhadap para pedagang dan masyarakat yang memanfaatkan Taman Pahlawan sebagai ajang prostitusi, terutama saat malam hari. (GS/RD)

Iklan

5 komentar

  1. Ikut prihatin Boss… Padahal dulu pahlawan kita berjuang dengan mempertaruhkan nyawanya.. sementara kita tinggal menikmati hasilnya.. kayanya ga berat kok kalo kita tinggal menjaga apa yang sudah diberikan para pahlawan tuk kita, apalagi kalau cuma jaga dan merawat makam pahlawan, kayanya gak sulit.. ayo donk semua ikut emnjaga…

  2. Nice posting sob…
    Lanjut terus …
    Ditunggu posting selanjutnya…
    Jangan lupa juga kunjungan balik ya…

  3. namanya juga Indonesia, semuanya tidak ada yang beres. negara ini kalau ada kejelekan yang panen adalah yang pintar bicara, bangsa ini tidak menghargai jasa para pahlawan, dan sangat disayangkan dengan negara ini banyaknya pejabat yang bermewah-mewahan.

  4. Carissha · · Balas

    Kan pedagang itu jg butuh makan dan menghidupi keluarganya. Tp hanya krn salah tempat aja itu. Perhatian pemerintah sangat diperlukan untk memecahkan masalah itu!

  5. fungsi pemerintah yg sebenarnya adalah mengurusi hal itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: