Evakuasi Korban Longsor Ciwidey Terkendala Minimnya Alat Berat

Memasuki hari ke empat pasca terjadinya bencana longsor di Ciwidey, kab. Bandung, suasana di lokasi bencana masih terlihat seperti saat pertama kejadian itu berlangsung. Minimnya alat berat, tebalnya lumpur dan tanah yang harus ditembus serta cuaca yang buruk membuat kesulitan tim evakuasi menemukan korban.

“Kita memang kekurangan alat berat untuk pencarian korban, mulai besok, kita akan mengkoordinasi kembali setiap anggota tim evakuasi dari zona A, B, C, D dan E agar pencarian korban lebih terarah ke tempat yang diduga masih ada korban,” ujar ketua Tim tanggap darurat evakuasi korban bencana longsor, saat diwawancarai.

Berdasarkan data yang diperoleh, hingga saat ini jumlah korban korban yang ditemukan tercatat 26 orang meninggal dan 19 orang hilang.

Upaya penghentian proses evakuasi korban, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan berkoordinasi dengan Polres setempat. Menurutnya, ia juga belum mengetahui apakah nanti lokasi longsor itu akan dijadikan pemakaman masal. “Masalahnya lokasi luas, tapi korbannya sedikit. Kami belum tahu mana lokasi yang bakal dijadikan pemakaman masal,” katanya.

Di lain kesempatan, Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufrie mengatakan, para korban yang tewas dalam bencana longsor Ciwidey akan disantuni sebesar Rp 2,5 juta setiap korban. Sementara ini korban tewas mencapai 30 orang, dari total seluruh korban sekitar 70 orang.

Mensos mengatakan tidak perlu membentuk tim investigasi. Menurut Mensos, bencana tersebut murni bencana alam. “Rawan longsor itu kan di sini sangat banyak,” katanya, di Kantor Kepresidenan di Jakarta, sehari sebelumnya. Dia juga membantah pemerintah lambat mengatasi bencana tersebut. Hal itu dikarenakan Pemkab langsung melakukan penanganan. “Dari Kementerian Sosial ketika kejadian juga sudah turun,” ujarnya. (Rakyat Demokrasi)

photo: Adimyadi

2 komentar

  1. iswanhasan · · Balas

    Saya pengajar mata kuliah alat berat… dimana mencari spesipikasi alat berat

  2. coba cari di Google dengan querry pencarian yang lebih spesifik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: