Gara2TBC, Australia Hapus Utang RI Rp. 595 Miliar

Indonesia Australia

RD – Kesepakatan “Debt2Health” yang diumumkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa bersama tamunya dari Australia, Menlu Stephen Smith, di Jakarta, Kamis 15 Juli 2010 menyatakan Australia bersedia menghapus utang Indonesia ke pemerintah Negeri Kanguru itu sebesar AUD$75 juta (sekitar Rp595 miliar). Sebaliknya, Indonesia berkomitmen menganggarkan setengah dari nilai utang yang seharusnya dibayar kepada Australia itu untuk membiayai program pemberantasan penyakit tuberkulosis (TBC) di tanah air.

“Australia mendukung kuat program pengalihan Debt2Health dengan Indonesia dan Global Fund ini untuk menghadapi tantangan perawatan dan pencegahan tuberkulosis,” kata Smith, seperti yang diteruskan oleh kantor Badan Bantuan Pembangunan Australia (AusAID) di Jakarta.

Dengan kesepakatan Debt2Health, Australia akan membatalkan utang Indonesia sebesar AUD$75 juta. Sebagai gantinya, Indonesia akan menginvestasikan separuh dari angka tersebut ke dalam program-program nasional untuk memerangi tuberkulosis melalui program “Global Fund to Fight AIDS, Tuberculosis and Malaria.”

Indonesia pun menyambut baik komitmen ini. “Inisiatif Debt2Health ini, yang kami dukung sejak awal, memungkinkan kami mengubah utang kami menjadi program kesehatan masyarakat,” kata Rahmat Waluyanto, Direktur Jenderal untuk Pengelolaan Utang di Kementerian Keuangan Indonesia .

Indonesia memiliki tingkat penderita TBC terbanyak ke-3 di dunia, dengan lebih dari 90.000 penduduk Indonesia meninggal akibat penyakit tersebut setiap tahunnya. Meski tuberkulosis dapat dicegah dan disembuhkan, penyakit tersebut semakin meningkat kasusnya di Indonesia dan di banyak negara berkembang lainnya. Global Fund adalah sebuah kemitraan publik/swasta global yang unik yang didedikasikan untuk menarik dan membagikan sumberdaya tambahan untuk mencegah dan mengobati HIV/AIDS, tuberkulosis, dan malaria. (vvn/Renne/Harriska FA/RD)

3 komentar

  1. lumayan…. berkurang utangnya…

    1. yaah, lumayan malu, sebagai bangsa yang tidak pernah (belum) terlepas dari utang

  2. hmm nice blog… Mampir dunks..!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: