Bandung Air Show & Creative Expo 2010 di Hari jadi kota Bandung ke-200

Bandung Air Show and Creative Expo 2010

BANDUNG – Berbagai jenis pesawat dipajang di acara Bandung Air Show 2010 yang diselenggarkan di Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/9). Bandung Air Show 2010 merupakan kegiatan dalam rangkaian Hari Jadi Kota Bandung ke-200 tahun. Pada acara ini ditampilkan sebanyak 137 pesawat dari berbagai jenis, potensi Kedirgantaraan Indonesia dan produk kreatif unggulan Kota Bandung.

Pameran berlangsung dari tanggal 23 hingga 26 September 2010, resmi dibuka Wakil Wali Kota Bandung, Ayi Vivananda bersama Pangkoops Angkatan Udara I, Maresekal Muda Eddy Suyanto, di Landasan Parkir Bandara Husein Sastranegara Bandung, Kamis (23/09).

Bandung Air Show and Creative Expo, Ayi berharap kegiatan ini menjadi momen kebangkitan industri kreatif Kota Bandung, yang akan memiliki dampak sosial ekonomi jangka panjang. Dirinya optimis, pameran akan menginspirasi lahirnya kreativitas dan inovasi, yang tentunya harus dilandasi semangat cinta produk dalam negeri dan penguatan semangat Nasionalisme.

Melalui Bandung Air Show and Creatif Expo, Pangkoops Angkatan Udara I, Marsekal Muda Eddy Suyanto berharap, segala hal yang menjadi potensi dan kemajuan dicapai Kota Bandung dapat terekspos. Mampu mendorong pertumbuhan sektor teknologi, industri, perdagangan, pendidikan, olah raga dan pariwisata, yang pada akhirnya dapat menumbuhkembangkan perekonomian berdaya saing tinggi pada tingkat nasional dan internasional.

Bandung Air Show, imbuh Eddy, dikatakannya merupakan wadah pengembangan potensi kedirgantaraan Kota Bandung dan Jawa Barat, sekaligus dalam rangka pembinaan potensi nasional aspek kedirgantaraan sehingga bisa dimanfaatkan sebagai kekuatan pengganda pertahanan negara.

Bandung Air Show dibagi dua kelompok yaitu statis show dan dynamic show. Keseluruhannya menampilkan 137 pesawat militer, sipil, sport, flying school dan aeromodelling. Pameran terbuka untuk umum.

Ayi Vivananda menyatakan, pameran diharapkan menjadi sarana promosi, edukasi dan rekreasi yang dapat menarik wisatawan sekaligus mengembangkan citra positif Kota Bandung sebagai penghasil karya-karya kreatif bercita rasa tinggi.

Produk-produk industri kreatif Kota Bandung, dikatakannya merupakan karya seni berbasis warisan budaya yang memiliki karakteristik khusus, yang belum tentu ada di daerah lain. Industri ini cenderung tumbuh secara spontan di tengah masyarakat, tanpa terlalu kepada pemanfaatan sumber-sumber daya alam yang terbatas, lebih pada penggunaan imajinasi dan kreativitas yang relatif tidak terbatas. “Produk yang dihasilkan benar-benar bervariasi. Semua berkontribusi tehadap pencitraan Kota Bandung sebagai kota kreatif”.

Ayi bersyukur, berbagai usaha itu telah menjadi sektor unggulan yang mendorong pertumbuhan ekonomi kota, setidaknya berkontribusi terhadap perluasan kesempatan kerja dan berusaha. “Itu satu alasan, pembinaan dan pengembangan industri kreatif harus mendapat perhatian utama agar perannya ke depan benar-benar bisa menjadi tulang punggung pembangunan ekonomi dan mendorong perbaikan pendapatan warga”. (bago/RD)

Iklan

2 komentar

  1. turut berduka cita atas meninggalnya salah satu pilot.. mdh2n amalnya di terima disisi Tuhan..

    majulah jawa barat,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: