Logika Demokrasi, Rakyat Mengendalikan Negara

logika-demokrasi-rakyat-men 

Judul Buku :
Logika Demokrasi, Rakyat Mengendalikan Negara

Tebal buku 218 halaman

Walaupun tatanan kenegaraan kita telah disepakati sejak awal adalah negara yang berkedaulatan rakyat, tetapi kita belum lama menerapkannya. Demokrasi dibutuhkan dan disukai, tetapi penerapan demokrasi menghadapi banyak hambatan dan gangguan.

Demokrasi telah diterapkan lebih dari sepuluh tahun, tetapi ketimpangan ekonomi masih besar, korupsi merajalela, dan ketidakadilan terjadi hampir disemua bidang kehidupan. Melalui buku ini, saya ingin menawarkan beberapa gagasan yang saya pikir diperlukan dalam kehidupan kemasyarakatan dan kenegaraan.

Bab.I memuat berbagai kemajuan yang telah dicapai setelah reformasi, terutama kemajuan di bidang politik, dan juga berbagai permasalahan kemasyarakatan dan kenegaraan yang masih tetap terjadi, walaupun reformasi telah dilaksanakan sejak lebih dari sepuluh tahun yang lalu.

Bab.II dimulai dengan martabat manusia, kemudian dilanjutkan dengan “kebaikan bersama” bagi rakyat seluruhnya,

Bab-bab selanjutnya, membahas penerapan martabat manusia dalam cara dan tujuan demokrasi, dalam upaya mewujudkan kebaikan bersama bagi rakyat seluruhnya. Berbagai gagasan untuk penanggulangan permasalahan bangsa, antara lain: penegakan keadilan, penghapusan kemiskinan struktural, perluasan lapangan kerja, pemberantasan korupsi, penghentian Ujian Nasional dan pengembalian penentuan kelulusan pelajar kepada guru dan sekolah, penjaminan kebebasan beragama dan berkepercayaan, otonomi daerah, pemekaran daerah otonom yang lebih cepat, dan pemilihan umum menggunakan sistem distrik dengan banyak anggota ditawarkan kepada pembaca.

Bab X. berisi kesimpulan sekaligus harapan, dan perjuangan yang diperlukan demi kehidupan yang lebih demokratis, lebih adil, dan lebih maju, sesuai dengan martabat manusia. Saya berharap, banyak warga masyarakat yang berminat belajar demokrasi membaca buku ini,antara lain mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Saya juga berharap dapat mendiskusikan berbagai gagasan dalam buku ini dengan warga masyarakat yang berminat, sebagai upaya ikut serta dalam proses konsolidasi demokrasi yang sedang berlangsung.

Buku yang baru terbit ini merupakan buku yang ketiga dari Merphin Panjaitan, dosen tetap di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kristen Indonésia. Buku yang pertama berjudul “Memberdayakan Kaum Miskin” diterbitkan pada tahun 2000, dan buku yang kedua berjudul “Gerakan Warganegara Menuju Demokrasi” diterbitkan tahun 2001.

Jakarta: Desember 2010 | Merphin Panjaitan.

Iklan

One comment

  1. kayaknya bukunya bagus nih om merphin, kapan nih copynya mampir ke rumah, 🙂 •ngarep mode on•

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: