Sembilan SKPD Raih SMM ISO 9001:2008

Gedung Pemkot Bandung

Sembilan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, menerima Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu International Standard Organisation (ISO) 9001:2008. Kesembilan SKPD ini adalah, Badan Kesatuan Bangsa, Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Bandung, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Sosial, Dinas Pengelolaan keuangan dan Aset Daerah, Dinas Pemuda dan Olahraga, Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak, Kecamatan Sukasari, dan Puskesmas Margahayu Raya.

Wali Kota Bandung, Dada Rosada mengatakan, sembilan SKPD ini, menyusul 35 lembaga teknis, dinas, kecamatan rumah sakit dan puskesmas yang sudah terlebih dahulu mendapat sertifikasi yang sama. Pihaknya menargetkan ada 83 SKPD penerima sertifikasi hingga 2013 nanti. "Untuk mendapatkan sertifikasi ini, bukan hal yang mudah, perlu ada keseriusan dan kerja keras dari SKPD terkait beserta jajarannya. Kalau di tengah jalan saat penilaian ternyata ada kemunduran kualitas, maka sertifikasi tersebut bisa saja dibatalkan," ujar Dada, usai menyerahkan sertifikasi ISO, di Hotel Grand Pasundan, Jl. Peta No. 147-149 Bandung (03/01).

Dada mengingatkan bertapa beratnya mendapatkan sertifikasi ISO ini karena melalui waktu dan proses yang panjang, "sertifikat ini menjadi simbol meningkat kualitas pelayanan publik dalam menjamin kepastian waktu, biaya, dan ketepatan pelayanan kepada siapapun yang membutuhkan, sekaligus dalam rangka menyuburkan iklim investasi" katanya.

Dada berharap, untuk SKPD yang sudah bisa mendapat sertifikasi tetap bisa menjaga kualitas pelayanan pada masyarakat. Selain itu, Dada juga berharap pengawas dari ISO bisa tetap memberikan pengawasan dan masukan agar mutu pelayanan tidak menurun.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Kota Bandung, Timbul Butar Butar mengatakan, sertifikasi tersebut diberikan sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja pemerintah terhadap pelayanan publik sejalan dengan Visi Misi Kota Bandung sebagai Kota Jasa yang Bermartabat, "Pemberian ISO diharapkan menjadi momentum menuju pemerintahan yang lebih baik dan segera secara kompehensif mampu meningkatkan kualitas kinerja organisasi secara terus menerus," jelasnya. (bago/RD)

One comment

  1. Selamat atas prestasinya!

    Hanya saja perlu dipikirkan apakah prestasi meraih ISO berhubungan langsung dengan kinerja mereka dalam melayani masyarakat.

    Jangan sampai SKPD peraih sertifikat ISO tersebut justeru jauh dari masyarakat yang menjadi pelanggan mereka.

    BTW, selamat atas prestasinya !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: