Kembalikan Babakan Siliwangi ke RTH

Babakan Siliwangi

RAKYAT DEMOKRASI (RD) – Kota Bandung  meminta kawasan Babakan Siliwangi dikembalikan fungsinya sebagai ruang terbuka hijau (RTH), jika ditelantarkan pihak ketiga, seperti saat ini. Anggota DPRD Kota Bandung,Lia Noer Hambali mengatakan, dewan dalam Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) akan memasukan Babakan Siliwangi menjadi RTH, sehingga tak boleh dipakai untuk bangunan apapun.

Dikatakan pula oleh Lia, sejak dibuat perjanjian kerja sama antara Pemkot dan PT EGI tahun 2007, sampai sekarang tidak ada kelanjutan dan tidak ada realisasi serta kerja sama itu. Seharusnya, kata Lia, hal itu menjadi wanprestasi.

Dikemukakannya, dengan tidak adanya kegiatan pembangunan, otomatis rekomendari dewan juga jadi gugur, karena rekomendasi dewan hanya berlaku satu  tahun setelah dikeluarkan. ”Rekomendasi dewan untuk pemanfaatan  kawasan Babakan Siliwangi (Baksil) dkeluarkan tahun 2006,” kata Lia pula.

Menurut Lia, izin mendirikan bangunan (IMB) berlaku enam bulan sejak terbit izin. Jika tidak ada kegiatan apa-apa, otomatis gugur, sehingga sudah waktunya Pemkot melakukan evaluasi kerja sama dengan PT EGI.

Liapun menyesalkan adanya penebangan pohon, karena menanam pohon sangat sulit. Ini masa sudah besar ditebang, seenaknya. Makanya, Pemkot harus mengusut tuntas kasus penebangan pohon ini. Jika dibiarkan, tidak ada efek jera bagi pelaku, katanya lagi.

Dikatakannya, penebangan  itu terjadi karena lemahnya pengawasan dari aparat wilayah dan Pemkot. Padahal, kantor kelurahan  Lebak Siliwangi berada di kawasan Babakan Siliwangi. Sebagaimana diberitakan, puluhan pohon di lahan Babakan Siliwangi ditebangi oleh orang-orang yang tidak dikenal. Lurah  Lebak Siliwangi menyatakan, pelaku bukanlah warga setempat. Mereka  mengaku  menyewa sebesar Rp 2 juta per petak lahan kepada orang yang tidak bertanggungjawab. ***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: