Infrastruktur Pendidikan Daerah Perbatasan jadi Prioritas di 2012

muhammad_nuh

rakyatdemokrasi – Di tahun 2012 mendatang pembangunan infrastruktur pendidikan di daerah terdepan atau kawasan perbatasan akan menjadi program prioritas Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Hal ini diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh saat pemaparan evaluasi pendidikan akhir tahun di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (30/12).

“Kita memang akan memberikan perhatian yang lebih kepada saudara kita yang akan di daerah terdepan. Kita akan jadikan daerah terdepan sebagai etalase yang enak dilihat di negeri ini,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Nuh, pihaknya juga tetap gencar dan terus menggenjot tumbuhnya perguruan tinggi negeri (PTN) baru di daerah-daerah terdepan. Menurutnya, PTN tersebut akan dijadikan sebagai pusat unggulan untuk menopang potensi dimana perguruan tingi itu berada.

Nuh menyebutkan, pemerintah akan membangun dua Perguruan Tinggi Teknologi baru di Sumatera dan Kalimantan. Dikatakan, kehadiran Perguruan Tinggi Teknologi di daerah terdepan akan memiliki kontribusi di dalam mendinamisasi masyarakt sekitar. Sehingga tidak hanya berfungsi sebagai pusat unggulan dalam mengembangkan potensi daerah, tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan SDM untuk sekolah sekitar.

“Kenapa kebijakan ini diambil? Karena kebijakan ini sesuai dan menjadi bagian dari pengintegrasian program besar pemerintah di dalam mewujudkan Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI),” jelas Nuh. Harapannya, sektor pendidikan ikut serta di dalam mewujudkan MP3EI karena sesungguhnya pendidikan sangat terkait dengan penyediaan sumber daya manusia yang terdidik.

“Semua sudah paham dan tahu bahwa pendidikan berkorelasi positif terhadap indeks pembangunan manusia (Human Development Index/ HDI) dan juga indeks kompetitit global (Competitivnes Global Index/CGI). Sekarang ini tinggal bagaimana melakukannya. Inilah yang akan kami lakukan ke depan dan memberikan kontribusi di sana,” paparnya. (jpnn|rd)***

One comment

  1. realisasinya harus segera dilaksanakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: