Gempa Bumi Hebat Hantam Iran

Iran earthquake Location

Iran earthquake location. Graphic: The Guardian

RAKYAT DEMOKRASI – Gempa bumi kuat berkekuatan 7,8 menguncang Iran dekat perbatasan dengan Pakistan pada Selasa. Dikhawatirkan akibat guncangan hebat tersebut akan mengakibatkan ratusan orang meninggal, ujar salah seorang pejabat di Iran. "Ini gempa terbesar di Iran dalam 40 tahun dan kami perkirakan ratusan orang meninggal," kata pejabat itu, yang minta jatidirinya tak disebutkan.

Pusat gempa berada di bagian tenggara Iran di satu kawasan pegunungan dan padang pasir, 201 kilometer sebelah tenggara Zahedan dan 250 kilometer sebelah baratlaut Turbat di Pakistan, kata USGS.

Gempa juga dirasakan di kawasan India dan negara-negara Teluk. Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan gempa terjadi pukul 10.44 GMT (pukul 17.44 WIB) pada kedalaman 15,2 kilometer.

Menurut kantor berita Iran, Fars News Agency, saat gempa terjadi orang-orang di kota Zahedan tumpah ruah ke jalan-jalan. Kepala Bulan Sabit Merah Iran Mahmoud Mozaffar kepada televisi pemerintah mengatakan semua komunikasi di daerah tersebut telah diputus dan tim penyelamat telah dikirim ke daerah yang terkena bencana.

"Setelah kejadian lima tim evaluasi dari kantor-kantor cabang di Khas dan Saravan dikirim ke kawasan itu untuk menilai kerusakan akibat gempa," kata Mozaffar.

Employees from the buildings in Tecom area in Dubai were evacuated soon after the tremors were felt - gulfnews

Getaran gempa dirasakan di kawasan Teluk, seluruh Pakistan, hingga ke baratlaut India. Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS, mengatakan gempa berkekuatan 7,8 SR berada 80 kilometer di sebelah timur tenggara dari kota Khash, Iran.

Meskipun wilayah ini sebagian besar gurun dan pegunungan, ada beberapa kota besar termasuk Zahedan, yang berjarak hanya 201 kilometer jauhnya, memiliki lebih dari setengah juta jiwa.

Pada 9 April, satu gempa berkekuatan 6,3 melanda kawasan dekat dengan fasilitas pembangkit listrik tenaga nuklir satu-satu milik Iran. Dalam peristiwa itu, sebanyak 37 orang dan 850 lainnya luka.

Iran telah mengalami beberapa gempa bumi yang merusak termasuk gempa berkekuatan 6,6 pada 2003 yang meratakan kota Bam dengan tanah. Kota itu berada di bagian tenggara jauh Iran. Lebih 25.000 orang meninggal.

Gempa ini juga ikut menggoyang gedung-gedung tinggi di New Delhi, ibu kota India. Banyak orang lari menyelamatkan diri ke jalan-jalan, kata para saksimata. Orang-orang juga meninggalkan gedung-gedung tinggi di Qatar dan Dubai, kata warga setempat.

Pada Selasa pagi dua gempa kecil terasa di kawasan Himalaya India dekat dengan perbatasan China. Seorang pejabat di Otoritas Manajemen Bencana India mengatakan gempa itu terasa di New Delhi dan di sepanjang bagian utara India karena gempa bumi di Iran, demikian Reuters.

One comment

  1. aset yang paling berharga dalam diri kita adalah karakter kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: