Google Public DNS, Mempercepat Koneksi Internet

Google Public DNS

DNS (Domain Name System), merupakan sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data, tersebar di dalam jaringan komputer, misalnya: internet.

DNS akan menerjemahkan nama domain (alamat seperti https://rakyatdemokrasi.wordpress.com) menjadi alamat IP address (seperti 72.233.2.58). Hal ini diperlukan karena prinsip kerja jaringan internet menggunakan IP (Internet Protocol), sehingga untung memudahkannya digunakan DNS untuk mempermudah mengingat sebuah alamat di internet.

Biasanya kita tidak tahu mengenai setting DNS ini, karena pada kondisi normal koneksi internet kita sudah diberikan alamat default DNS yang disetting pihak operator yang kita gunakan.  Pada penggunaannya settingan DNS yang kita gunakan ini sebenarnya dapat diganti-ganti, salah satunya layanan Public DNS yang diberikan google.

Why should you try Google Public DNS? By using Google Public DNS you can: speed up your browsing experience, improve your security, get the result you expect with absolutely no redirection

Google Public DNS

Artinya anda akan mendapatkan koneksi internet yang lebih cepat, lebih aman, dan hasil sesuai yang diharapkan tanpa redirection (diarahkan ulang).

Perubahan google DNS ini dapat dilakukan dengan mengubah alamat DNS default server menjadi 8.8.8.8 dan alternate DNS, 8.8.4.4. Untuk jelasnya bisa dilihat di bawah ini, dengan menggunakan sistem operasi Microsoft windows XP.:

Buka control panel >> network and internet connections >> network connections >>

contro panel - internet connection

klik kanan icon dial untuk koneksi yang biasa anda gunakan dan pilih properties. Akan muncul seperti ini,

network connection properties   TCP-IP Protocol Properties

Pada kolom “this connections uses the following items:” pilih “Internet Protocol (TCP/IP)” >> klik pada tombol properties. Nah anda hanya perlu memilih “use the following DNS server addresses: dan isikan pada preferred DNS Server : 8.8.8.8 dan pada alternate DNS server: 8.8.4.4 lalu klik OK. Setelah selesai lakukan koneksi seperti biasa. Apakah terasa perbedaannya?

Semoga bermanfaat.

(ihostingbiz/rd)

2 pemikiran pada “Google Public DNS, Mempercepat Koneksi Internet

  1. I’m really loving the theme/design of your website. Do you ever run into any internet browser compatibility issues?
    A number of my blog readers have complained about my blog not operating correctly in Explorer but looks great in Safari.
    Do you have any suggestions to help fix this
    problem?

Tinggalkan komentar