PSMTI Desak Wiranto, Prabowo Klarifikasi Tragedi Mei 1998

Peristiwa Mei 1998

Masyarakat etnis Tionghoa mendesak Wiranto dan Prabowo yang menjadi cawapres pada Pemilu Presiden 2009 mengklarifikasi tragedi berdarah pada Mei 1998.

Anggota Dewan Kehormatan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Kepulauan Riau, Rudy Chua, Rabu (27/5) di Tanjungpinang, meminta kedua cawapres yang berpasangan dengan Jusuf Kalla dan Megawati itu menjelaskan kepada publik peristiwa yang melukai bangsa Indonesia, dan menimbulkan trauma berkepanjangan terhadap etnis Tionghoa.

“Kasus penganiayaan, kerusuhan, pemerkosaan dan penjarahan terhadap mayoritas etnis Tionghoa yang tinggal di Jakarta dan beberapa daerah lainnya pada Mei 1998 itu belum tuntas karena seakan-akan dilupakan begitu saja,” kata Rudy yang juga anggota DPRD Kepri.

Dia mengatakan, keterlibatan Wiranto dan Prabowo yang disampaikan di beberapa media massa maupun elektronik pada peristiwa tragis Mei 1998 menimbulkan opini di kalangan masyarakat etnis Tionghoa.

Tanggapan terhadap kedua jenderal tersebut kemungkinan mempengaruhi keputusan pemilih dari kalangan etnis Tionghoa pada Pemilu Presiden 2009.

“Selama ini yang hanya kami dengar kedua pejabat militer pada Mei 1998 itu membantah dikaitkan dengan peristiwa berdarah tersebut. Tapi mereka tidak memberi penjelasan yang dapat mengungkap misteri dibalik kerusuhan yang sistematis tersebut,” katanya.

Rudy mengatakan, keputusan politik masyarakat etnis Tionghoa tersebut dapat merugikan Wiranto dan Prabowo jika peristiwa itu tidak dipahami secara mendalam.

Jika Wiranto dan Prabowo tidak terlibat kerusuhan Mei 1998, seharusnya itu dijelaskan kepada publik.

“Mereka akan dirugikan dengan opini yang berkembang saat ini jika benar mereka tidak terlibat pada tragedi Mei 1998,” katanya. (ant/Rakyat Demokrasi)

Sekilas Tragedi Mei 1998

Kerusuhan Mei 1998 Tragedi Mei 1998 merupakan kemarahan masyarakat terhadap kebrutalan aparat keamanan dalam peristiwa Trisakti. Amuk massa kemudian dialihkan kepada orang Indonesia sendiri yang keturunan, terutama keturunan Cina. Amuk massa terjadi sepanjang siang dan malam hari, kemarahan Massa dimulai pada malam hari tanggal 12 Mei dan semakin tidak terkendali pada tanggal 13 Mei siang setelah mendengar berita gugurnya mahasiswa yang tertembak aparat.

Kerusuhan Mei 1998Sampai tanggal 15 Mei 1998 di Jakarta dan banyak kota besar lainnya di Indonesia terjadi kerusuhan besar tak terkendali mengakibatkan ribuan gedung, toko maupun rumah di kota-kota Indonesia hancur lebur dirusak dan dibakar massa. Sebagian mahasiswa mencoba menenangkan masyarakat namun tidak dapat mengendalikan banyaknya massa yang marah.

Kerusuhan Mei 1998 meninggalkan ribuan korban jiwa, tidak terhitung  rumah dan bangunan serta sarana ekonomi yang hancur akibat peristiwa itu. Belum lagi efek psikologis akibat peristiwa pembakaran, penganiayaan, pemerkosaan terhadap etnis Cina maupun yang terpaksa kehilangan anggota keluarganya saat kerusuhan terjadi.

(dari berbagai sumber)

About these ads

10 komentar

  1. Buat semua pemilih yang ada diseluruh indonesia pikirkanlah benar2 siapa yang pantas jadi pemimpin indonesia.

  2. Negoro ONTA · · Balas

    KALAU MEMNAG BENAR tidak TERLIBAT berani dong melakukan KONTRAK POLITIK yg isinya jika terpilih TANGKAP OTAK DALANG PERISTIWA KEJI makan korban WNI & mahasiswa…………..

  3. Ayo WIRANTO and prabowo..bicara..jangan diam saja seperti ank ayam yg kehilangan induknya.
    angkat bicara jelaskan ap yg terjadi MEI 98!!!..
    khususnya WIRANTO yang waktu itu menjabat!!.

    saYA Warga Keturunan Tionghua berhak tau ap yg terjadi..Kemana Militer dan polisi waktu itu..ap dalam kandang saja?
    tidak ad tindakan..
    kalian baru keluar setelah kejadian..kalian hnya cuci tangan saja!!
    brapa orang yang meninggal…berapa orang yang di perkosa…berapa orang yang dibakar hidup-hidup…
    kalian hanya pecundang sejati diam d balik jubah yang kalian sebut PANCASILA…PASAL 1!!! apa???tidak ad artinya!!!
    INGAT masih ada rasa sakit hati di hati ini.
    ad Rumor waktu itu…RRC akan memboooomm bardir Indonesia rata dengan tanah.
    kalian tidak ad ap2nya dengan RRC,Negara tidak akn maju jika keturunan tionghua tidak menggerak perekonomian kalian.
    ingat saja itu.

  4. aku juga tionghoa namun satu yg aku tau kasih itu sabar..dia tdk mendendam..Mata Tuhan akan selalu melihat meski kebenaran disembunyikan..buat semua org tionghoa di indonesia,majulah dan jgn melihat kebelakang krn masa depan bagimu akan terus berkilau..

  5. alah.. Prabowo ama Wiranto juga ada perkosa ce Cina kale waktu 13 May 1998, kalo JK mah mendukung aja. JK mau meratakan ekonomi Indonesia, jadilah negara komunis.

  6. Campuraduk · · Balas

    Aku menginginkan sosok seperti Gus dur yang membela kaum minoritas dan netral…tidak mementingkan diri sendiri dan kepentingan kelompoknya…..Bangkitlah Indonesia..Bersatu Padu…

    Selamat Jalan Gus Dur…Kami kaum tionghoa merindukan sosok seperti dirimu

  7. Pranoto · · Balas

    2 orang diatas adalah kakitangan suharto raja koruptor yang mengharumkan Indonesia sebagai salah satu negara terkorup di dunia.
    kemungkinan besar 2 orang diatas adlh otak kerusuhan mei-98.
    mereka jelas bukan produk Pancasila. mereka biadab.
    hanya orang2 terlatih semacam kopassus dan militer yang dapat menggerakkan kerusuhan sedemikian kejam pada rusuh mei-98.
    Usut tuntas kerusuhan mei-98 dan hukum mati pelakunya, siapapun orang tersebut.

  8. momedmomed indo memang gak tahu malu munafik

  9. Kasus Konspirasi seperti ini sebenarnya harus diselesaikan, 2 orang tsb mustinya dibawa ke sidang, orang Tiong Hoa kita sudah dari zaman dahulu selalu jadi pihak yang paling ditindas (sejak jaman penjajahan Belanda), tapi kalau soal cari untung Orang TiongHoa selalu dimanfaatkan. Kalau memang pemerintah Indonesia masih memiliki akal sehat (dengan kata lain tidak ada sikap diskriminatif) hendaknya mampu memberikan perlindungan dan hak yang sama dengan kaum ataupun semua etnis. Orang TiongHoa dari dulu membela nama Indonesia bahkan mengangkat nama baik Indonesia ke kancah Internasional, tapi sayang sekali hingga saat ini Pemerintah Indonesia masih gagal memberikan sesuatu yang layak bagi kita. Dalam kasus tragedi ini, banyak saksi hidup dan korban yang akan bersaksi ditutup-tutupi, bahkan bukti nyata dilenyapkan agar semua oknum yang bertanggung jawab saat itu lolos dari hukuman.

  10. Semoga tidak terulang kembali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: